Langkah-langkah bongkar
pasang carburator
1. Bersihkan filter
udara/penampung debu
Lepaskan filter
udara yang terpasang pada mulut karburator, lepas busa filter lalu bersihkan
dengan cairan pembersih, kemudian biarkan kering sendiri. Jangan dibersihkan
dengan cara disemprot udara bertekanan tinggi, karena dapat menyebabkan
rusaknya pori-pori busa filter tersebut.
2. Bersihkan karburator
2. Bersihkan karburator
Buka karburator
dengan cara melepas baut-baut pengikat, tutup karburator, katup cuk/choke, kran
bensin. Gunakan kunci yang sesuai agar alat-alat tersebut tidak gampang dol.
Lepas komponen-komponen karburator lalu tempatkan dalam wadah yang berisi
cairan pembersih, biar gampang gunakan cairannya bensin. Lepas mangkok
karburator, pelampung dan jarum pelampung, main jet, pilot jet, dan yang
lainnya. Hati-hati terhadap parts yang kecil-kecil dan seal/karet pelindung,
tempatkan dalam wadah yang mudah terlihat, agar nanti saat pemasangan tidak
bingung mencarinya.
Jika sudah terlepas semuanya maka bersihkan karburator dengan kuas, lalu semprot lubang-lubangnya dengan udara bertekanan tinggi. Gunakan amplas halus untuk membersihkan kotoran pada spuyer-spuyer, Jangan terlalu banyak mengamplasnya, karena dapat menyebabkan perubahaan ukuran diameter spuyer. Setelah bersih, pasang kembali spuyer-spuyer tersebut. Gunakan obeng spuyer dan pengecangannya jangan terlalu keras, cukup gunakan dua jari pada ujung obeng.
3. Setel tinggi pelampung
Jika sudah terlepas semuanya maka bersihkan karburator dengan kuas, lalu semprot lubang-lubangnya dengan udara bertekanan tinggi. Gunakan amplas halus untuk membersihkan kotoran pada spuyer-spuyer, Jangan terlalu banyak mengamplasnya, karena dapat menyebabkan perubahaan ukuran diameter spuyer. Setelah bersih, pasang kembali spuyer-spuyer tersebut. Gunakan obeng spuyer dan pengecangannya jangan terlalu keras, cukup gunakan dua jari pada ujung obeng.
3. Setel tinggi pelampung
Sebelum dipasang
komponen-komponen karburator, jangan lupa untuk mengatur tinggi pelampung
bensin dengan menggunakan jangka sorong/stigmat.
4. Rakit karburator
4. Rakit karburator
Pasang
kembali bagian-bagian karburator yang tadi dilepas. Rakit karburator dan filter
udara dengan dipasangkan kembali pada lubang mesin. Lalu setel kongdisi langsam
motor pada keadaan mesin hidup. Setel spuyer angin-angin dengan cara memutar
searah jarum jam smpai mentok, lalu putar balik beberapa putaran sesuai dengan
standar mesin atau kondisi mesin motor kita.
Setel juga baut penyetel langsam yang terletak di pinggir badan karburator. Setel pada keadaan panas mesin yang ideal. Setelan putaran mesin jangan terlalu rendah atau pelan, hal ini dapat menyebabkan oli tidak dapat naik karena tidak terpompa akibat rendahnya putaran mesin.
Setel juga baut penyetel langsam yang terletak di pinggir badan karburator. Setel pada keadaan panas mesin yang ideal. Setelan putaran mesin jangan terlalu rendah atau pelan, hal ini dapat menyebabkan oli tidak dapat naik karena tidak terpompa akibat rendahnya putaran mesin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar